Donor Darah Sebagai Bentuk Kepeduliuan Terhadap Sesama

donor darah RSU El-Syifa
Donor Darah

Pada kondisi apapun manusia tidak akan lepas dari dari peran sesama untuk dapat saling dmembantu sebagai syarat utama menjadi mahluk sosial. Kecendrungan manusia sebagai mahluk sosial tersebut di implementasikan dalam bentuk kepedulian antar satu dengan yang lainnya. Bentuk-bentuk kepedulian yang ditunjukan dalam aktifitas sehari-hari serta bagaimana ketulusan seseorang membantu sesama sebagai sikap saling merasakan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Aktifitas donor darah menjadi salah satu media untuk menyalurkan sikap kepedulian tersebut, membantu sesama dengan cara memberi tanpa memandang latar belakang pribadi masing-masing.
Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan RSU El-Syifa merupakan kegiatan yang memberikan wadah bagi masyarakat umum untuk menyalurkan bentuk kepeduliannya. Kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan rasa saling berbagi dan menciptakan suasana kekeluargaan antar sesama. Donor darah yang diselenggarakan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali, dengan maksud untuk memberikan tempat pada pendonor rutin serta memberikan kontrol kesehatan pada mereka.
Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh bagi pendonor baik secara mendis maupun secara moralitas. Dengan melakukan donor darah, bagi pihak pendonor hal tersebut merupakan bagian dari apresiasi rasa kemanusiaan. Secara moral pendonor memperoleh pengakuan yang positif dan penghargaan yang tidak dapat diberikan secara resmi, namun memperoleh apresiasi yang lebih mendalam sebagai pihak yang memberikan pertolongan. Begitu juga secara medis, pihak yang mendonor memperoleh beberapa manfaat diantaranya adalah : Pendonor memperoleh pemeriksaan kesehatan, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi, pembaharuan sel-sel darah dan manfaat membakar kalori dalam tubuh.
Kegiatan yang dilakukan secara rutin ini memang memiliki peran yang sangat tinggi terhadap kesehatan masyarakat. Namun demnikian, kendala yang dihadapi adalah masih rendahnya kemauan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnnya donor darah tersebut. Dengan terus berupaya RSU El-Syifa yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Kuningan memberikan sosialisasi dan penjelasan kepada calon pendonor dengan harapan adanya peningkatan kesadaran sosial yang dimiliki. Dengan adanya berbagai kegiatan tentunya membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk mencapai tujutn-tujuan tersebut.
Share on Google Plus

About Solihulhadi

0 komentar:

Posting Komentar