Hutan Kabupaten Kuningan Berpotensi Sebagai Sumber Bahan Obat-Obatan.


Kawasan hutan Kabupaten Kuningan yang didominasi oleh berbagai jenis tumbuhan, maka kawasan hutan tersebut merupakan sumber utama berbagai jenis bahan nabati yang bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah sebagai sumber obat-obatan yang berasal dari tumbuhan yang tumbuh di kawasan tersebut. Komonitas tumbuhan yang besar dalam menyebabkan kawasan hutan berpotensi besar sebagai sumber obat yang efektif di masa depan.
Indonesia diketahui memiliki lebih dari 20.000 jenis tumbuhan obat yang menyebar dari Sabang hingga Merauke. Hingga saat ini baru 1.000 jenis tanaman yang sudah terdata dan baru sekitar 3.000 jenis yang sudah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Penggunaan tumbuhan obat di Indonesia sudah dimulai sejak jaman nenek moyang, namun penggunaannya di tengah masyarakat dimulai dari jaman penjajahan Belanda.
Kabupaten Kuningan merupakan wilayah yang didominasi oleh kawasan hutan dengan tingkat keanekaragaman jenis yang tinggi. Tumbuhan obat itu sendiri merupakan tumbuhan berkhasiat obat yang dapat menghilangkan rasa sakit, meningkatkan daya tahan tubuh, membunuh bibit penyakit dan memperbaiki organ yang rusak. Tumbuhan  obajuga  dapat menghambat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal seperti tumor, kanker. Hal-hal penting inilah yang memacu masyarakat khususnya untuk tetap mempertahankan penggunaan tanaman obat sebagai alternatif yang sangat tepat untuk pengobatan penyakit secara tradisional, Kriswiyanti (2007)dalam Trimin Kartika (2015).
Pada saat ini pemanfaatan kawasan hutan untuk dijadikan sumber bahan obat-obatan masih sangat rendah. Industri farmasi belum bias mengembangkan potensi nabati tersebut sebagai bahan alternatif yang memiliki nilai efisien yang cukup tinggi. Pengembangan industri farmasi ke arah pemanfaatan sumber nabati dengan teknologi yang layak belum begitu merata, sehingga pemanfaatan tidak optimal.


Trimin Kartika . 2006. Inventarisasi Jenis-Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Desa Tanjung Baru Petai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatra Selatan [jurnal] Universitas PGRI Palembang


Share on Google Plus

About Solihulhadi

0 komentar:

Posting Komentar